5.06.2012

Siswa SMA Muhammadiyah Wonosobo Ciptakan Parfum dari Carica

image
Semarang, CyberNews. Dataran tinggi Dieng terkenal dengan hasil budidaya carica, buah berwarna kuning sejenis pepaya. Selain dapat dijadikan sebagai manisan yang menyegarkan, buah yang memiliki kandungan serat tinggi dan kenyal ini juga memiliki aroma yang tak kalah segarnya.
Sebab itulah, siswa-siswa SMA Muhammdiyah Wonosobo tertarik untuk membuat inovasi pewangi tubuh (parfum), mengingat begitu banyak limbah buah carica yang terbuang sia-sia di Wonosobo. Cairan pewangi didapat setelah lendir biji carica melalui proses destilasi (penyulingan), kemudian dicampur dengan cairan etanol solfiol.
"Kendati demikian, inovasi ini masih dalam butuh penyempurnaan. Sehingga sengaja belum kami pasarkan," kata Putri Eka Ningtyas, siswa kelas 12 IPA SMA Muhammadiyah yang ditemui Suara Merdeka CyberNews di Pameran Produk Inovasi 2011, Sabtu (1/10).
Inovasinya ini terbilang cukup unik, tidak heran jika parfum carica yang diciptakan Putri dan teman-temannya ini meraih penghargaan Krenova 2011. Parfum carica ini juga dipamerkan di Pameran Produk inovasi 2011 yang digelar di PRPP Jateng hingga Minggu (2/10).
Tidak hanya memanfaatkan sarinya, para siswa ini juga memanfaatkan daging carica untuk diolah menjadi dodol dan kerajinan dari biji carica. Karya-karya tersebut juga dipamerkan di stan SMA Muhammadiyah Wonosobo.
"Yang masih menjadi PR kami adalah mengolah kulit carica. Rencananya akan kami olah sebagai bahan kosmetik," imbuh Putri.

#SMA Muhammadiyah Wonosobo#

0 komentar:

Posting Komentar