3.14.2014

Juara I Olimpiade Geografi Nasional IX 2014

SMA Muhammadiyah menorehkan kembali prestasinya dalam bidang akademik yaitu dalam Olimpiade Geografi Nasional 2014 (OLGENAS IX), ini terbukti dengan diraihnya juara I pada ajang Olimpiade  Geografi Nasional Tingkat SMA yang dilaksanakan di Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta pada tanggal 2-3 Februari 2014 yang diikuti sebanyak 148 peserta dari seluruh Indonesia.
Juara-SMA-OLGENAS-2014
Dalam olimpiade ini SMA Muhammadiyah Wonosobo diwakili oleh 2 (dua) orang siswanya yaitu Aditya Pradana dan Windarti Wahdaningrum, kedua siswa ini mendapat trofi juara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.500.000,- serta berhak masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) tanpa tes dan beasiswa gratis biaya kuliah selama studi di UGM.
  • Juara pertama diraih oleh SMA Muhammadiyah Wonosobo,
  • juara kedua diraih oleh SMA Semesta BBS Semarang, dan
  • juara ketiga diraih oleh SMAN 1 Kebumen.
Nilai Olgenas 2014_001WEB
Rangkaian Olimpiade Geografi Nasional yang diadakan pada hari ini, Minggu 2 Februari 2014 adalah Olimpiade Geografi Nasional tingkat SMA. Peserta SMA sebanyak 148 tim yang berasal dari SMA yang tersebar di seluruh Indonesia dimana satu diantaranya berasal dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.
DSC_0002-800x400 (600 x 300)
Rangkaian Olimpiade Geografi Nasional tingkat SMA  dilaksanakan di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada yang diawali dengan penampilan tari UKM SAKA UGM dan Paduan suara dari Bengkel Kesenian Geografi dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Olgenas 2014 Nur Salam, Ketua BEM Fakultas Geografi Faisal Ibrahim, Dekan Fakultas Geografi UGM Bapak Dr. R. Rijanta, dan Perwakilan Direktorat Kemahasiswaan UGM Bapak Dr. Drs. Senawi, MP.
Rangkaian acara Olimpiade Geografi Nasional pada hari kedua ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak Dr. Drs. Senawi, MP selaku perwakilan Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada. Acara selanjutnya adalah ujian tulis untuk peserta Olimpiade Geografi Nasional tingkat SMA.
Sembari peserta mengikuti ujian tulis, guru-guru pendamping mengikuti Seminar Nasional Menuju 100 tahun Indonesia Emas “Implementasi Geostrategi dalam Pengolahan Sumberdaya Lingkungan” dengan pembicara Ir. HR. Bambang Sarwono Abdur Rahim, CBEng, MT (Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal), Prof. Dr. Aris Poniman (Badan Informasi Geospasial), dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI).
Peserta Seminar Nasional ini tidak hanya diikuti oleh guru-guru pendamping, tetapi juga dibuka untuk umum. Antusias pengunjung ditunjukkan dengan ramainya acara ini yang dihadiri sekitar 240 orang dari kategori umum. Kegiatan dalam Olimpiade Geografi Nasional 2014 hari kedua ini ditutup dengan kegiatan Outdoor Learning yang dilaksanakan di Museum Gunung Merapi – Sleman Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar